:: UWANG ::

:: IKUTAN YUKK! ::

Sabtu, 04 September 2010

Ramadhan Al-Mubarak


Salam Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang menjadi pengantaraan manusia pada belas kasih Allah SWT. Yang tidak dapat dirasakan di bulan–bulan lain. Ramadhan merupakan bulan terbukanya pintu-pintu syurga dan tertutupnya pintu-pintu neraka serta dibelenggunya syaitan penggangu dan penghasut manusia untuk berbuat kemungkaran dan kezaliman. Maka datangnya bulan yang mulia ini seharusnyalah selalu diselitkan dengan merenungi hari-hari di mana kita diliputi oleh dosa dan maksiat yang membuat kita jauh dari Allah SWT. Hal tersebut dapat kita upayakan dengan memperbaiki hubungan antara kita dengan Allah dengan menjalankan seluruh perintahNya dan menjauhi segala laranganNya dan senantiasa berada di jalan yang lurus, pun hubungan antara kita dengan yang lainnya. 



Bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki berbagai keistimewaan, sepatutnya kita menyusun langkah dan rencana-rencana agar tidak kehilangan keistimewaan yang terkandung di dalamnya. Jika pada bulan Ramadhan kita mengistimewakan hidangan jasadiyah kita dengan baik dan lengkap, maka demikian juga seharusnya dengan hidangan rohaniyah harus terpenuhi dengan baik.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang hari-harinya, malam-malamnya, jam-jamnya, minit-minitnya, dan detik-detiknya memiliki keutamaan yang tiada tara dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, apatah lagi jika diisi dengan amalan-amalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sungguh sayang kan jika bulan Ramadhan sama seperti bulan-bulan yang lain atau menjadikannya sebagai rutin tahunan yang sudah biasa (annual culture) bahkan menjadi adat untuk dilakukan tanpa menghasilkan pencapaian tujuan dari Ramadhan itu sendiri. Akankah Ramadhan yang kita lalui pergi begitu saja tanpa kita isi dengan nilai-nilai dan amal-amal apapun? Atau kita melewati waktu-waktunya dengan kesenangan sesaat tanpa mengisinya sedikitpun dengan ibadah-ibadah yang mempererat hubungan kita dengan Allah SWT? Hamba yang bertakwa seharusnya menyambut bulan Ramadhan sebagai bulan untuk memperbaiki diri, meraih sebanyak-banyaknya kebaikan dengan mengisi amalan yang dapat meningkatkan ketakwaanya.

" Jangan terlalu gembira dalam menyambut kedatangan Syawal, tanpa memikirkan bulan Ramadhan yang semakin berlalu pergi. Sempatkah kita bertemu dengan Ramadhan tahun depan? Renung-renungkan dan selamat beramal. " 


Tidak ada komentar:

:: IKLAN ::